Blog

5 Cara Mengatur Penggunaan Tenaga Outsource secara Efektif.

source: scott graham @unsplash

Sebuah perusahaan, dalam usahanya mencapai tujuan memerlukan adanya banyak Langkah dan tenaga. Saat pemegang kepentingan harus membagi apa yang menjadi prioritas akan apa yang harus dikerjakan sendiri dan apa yang harus didelegasikan, saat itulah perusahaan tersebut dapat memilih menggunakan tenaga Outsource. Bila diatur dan dilakukan dengan benar,maka penggunaan jasa penyedia tenaga Outsource akan berdampak bagus bagi kinerja perusahaan. Berikut kami lampirkan beberapa tips bagaiman hal tersebut dapat terwujud.

  1. Tentukan Goal dan Objective yang Jelas.

Pastikan kebutuhan bisnis anda, dan pada bagian apakah menyewa tenaga outsource dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Pastikan juga, bahwa apa yang akan dicapai dapat memberikan keuntungan pada kedua belah pihak yang terkait. Ekspektasi akan terbentuk, dan pihak pengelola Outsource dapat memberikan estimasi secara efektif tentang apa dan bagaimana mereka dapat memberikan solusi yang membantu anda. Hubungan kerja yang baik dan terukur akan memberikan benefit yang besar pada jangka waktu yang lama.

 

  1. Perkuat Hubungan Managerial

Menjalin hubungan baik antara perusahaan ataupun kepala project dengan pihak manajemen outsource akan memastikan proyek berjalan dengan lancar, sehingga sinergi antar kedua belah pihak dapat terbentuk. Hubungan kerja yang positif dengan penyedia Anda dapat menjadi katalisator untuk pertumbuhan dan kepercayaan dalam jangka panjang.

 

  1. Memastikan Keamanan Data Perusahaan dan Kepatuhan Terhadap Regulasi yang Berlaku.

Informasi sensitive bagi suatu perusahaan adalah rahasia yang harus diprioritaskan keamanannya. Dan hal ini dapat menjadi pertimbangan dalam memilih penyedia jasa Outsource, dimana perusahaan tersebut harus dipastikan bahwa perusahaan tersebut memiliki track record yang baik, patuh pada regulasi yang berlaku dan juga dapat menjaga kerahasiaan perusahaan partnernya. Ketidakpatuhan terhadap hukum dan peraturan yang ada akan mengakibatkan denda yang besar dan merusak reputasi Anda.

 

  1. Melakukan Manajemen Permasalahan

Bekerja sama dengan pihak ketiga, termasuk perusahaan Outsource, memiliki resiko timbulnya konflik. Ini adalah suatu kewajaran, dan hampir pasti tidak dapat dihindari. Namun yang perlu perusahaan lakukan adalah bukan menghindari hal tersebut dengan cara mengerjakan segala sendiri, karena hal itu justru dapat menghambat efektifitas perusahaan dalam mencapai goalnya. Yang perlu dilakukan adalah, mencari cara secara efektif untuk menyelesaikan konflik dan permasalahan yang timbul seiring waktu. Ciptakan regulasi terperinci yang disetujui kedua belah pihak, yang dapat digunakan sebagai dasar dalam menyelesaikan permasalahan yang timbul. Pastikan terdapat tingkat hierarki permasalahan dan proses negosiasi terstruktur, sehingga dapat ditata mana yang menjadi masalah prioritas mana yang harus dipecahkan terlebih dulu.

 

  1. Menjaga Komunikasi

Setiap agenda, problematika, maupun pengembangan yang berkaitan dengan kerjasama dengan pihak outsource akan lebih baik dilakukan secara terbuka dan teratur. Komunikasi yang jelas dan teratur akan membantu mengurahi kesalahpahaman dan ketidaksesuaian, serta menjamin koordinasi dalam menjalankan project berjalan dengan optimal.

 

Berpartner Bersama Shelter

Layaknya industri lain, jasa Outsource juga terus berkembang menyesuaikan zaman. Namun, nilai-nilai dasar yang melandasi langkah kami tetap dipegang teguh. Nilai-nilai itu adalah integritas, kreatif-inofatif, optimisme, dan responsif. Hal inilah yang menjadikan kami memperoleh kepercayaan dari partner-partner perusahaan di berbagai perusahaan di Indonesia. Kami mampu menyediakan tenaga kerja dengan berbagai spesifikasi kebutuhan sesuai dengan apa yang diperlukan oleh usaha anda. Selain itu, kami juga memberikan pelatihan-pelatihan profesi berstandard, serta memberikan konsultasi di bidang-bidang manajemen, HRD, serta pengembangan kepegawaian. Hubungi kami segera untuk mengetahui lebih lanjut di 08113111041.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *