Blog

Apresiasi Yang Memotivasi

source: pchvector@freepik

Kondisi pandemi saat ini sangat berdampak pada aktivitas bisnis. Rasa kuatir dan takut bisa berdampak pada menurunnya kinerja karyawan, yang berujung pada menurunnya keuntungan perusahaan. Salah satu solusi dalam menghadapi kondisi ini adalah apresiasi terhadap kinerja dan perilaku karyawan.

Apresiasi adalah salah satu bentuk reward (penghargaan) yang dalam kajian ilmu psikologi diyakini dapat meningkatkan kinerja karyawan. Mazhab behaviorisme memaknai apresiasi sebagai penguat perilaku positif (positive reinforcement). Sedangkan mazhab humanistik memaknai apresiasi sebagai pemenuhan kebutuhan manusia, khususnya kebutuhan aktualisasi diri (self-actualization).

Shelter group sebagai entitas bisnis juga telah menunjukkan apresiasi pada kinerja karyawan. Salah satunya adalah apresiasi terhadap security guard pengungkap praktek penipuan. Hal ini pasti akan meningkatkan kinerja dan loyalitas security guard tersebut, dan diharapkan kinerja Shelter group juga akan meningkat.

Awal yang baik ini bisa diteruskan, bahkan ditingkatkan. Tak perlu banyak biaya, lebih membutuhkan kepedulian. Apresiasi terhadap karyawan yang tidak pernah terlambat, tidak pernah absen/cuti kerja, atau terhadap pencapaian target kerja masih terbuka untuk dilakukan. Kata pujian di chat wa grup perusahaan, pengumuman tertulis di papan pengumuman perusahaan, atau selembar piagam sederhana bisa jadi medianya.

Apresiasi yang kontinyu terhadap perilaku atau pencapaian karyawan di entitas bisnis adalah suatu keniscayaan. Pencapaian visi dan kelanggengan entitas bisnis hanya bisa dicapai dengan dukungan para karyawan loyal yang kinerjanya optimal, yang merasa nyaman dan termotivasi karena apresiasi.

Penulis: Rafik Fajar Yunansyah, S.Psi., M.Si.