Blog

Belajar demi Karir, Karir Menjadi Pembelajaran

source: pressfoto@freepik

 

Sebagian besar karyawan mendaftar dalam perusahaan segera setelah lulus dari bangku kuliah. Mereka menghabiskan waktu selama kurang lebih 4 tahun dalam institusi masyur bernama universitas, dengan tujuan mulia, belajar untuk memperoleh ilmu demi bekal bekerja. Namun pada kenyataannya pada banyak orang, sebagian besar waktu yang ada bukan digunakan untuk belajar ilmu yang diajarkan di Lembaga tersebut. Lebih banyak waktu yang digunakan untuk bersosialisasi, mencari aktualisasi diri, dan menikmati masa muda. Segera setelah memasuki dunia kerja, banyak diantara mereka yang kemudian melupakan apa-apa yang ada di universitas, karena banyak hal yang ada di sana ternyata tidak sesuai dengan realita modern saat ini. Idealisme ditinggalkan, dan sebagian memutuskan acuh dan mengalir sesuai dengan nasib. Fokus pada pengejaran materi demi menjaga dapur tetap mengepul.

Tidak semua seperti itu. Sebagian orang berpikir untuk menambah wawasan, memperluas pengetahuan, justru setelah mereka bekerja. Bagi Sebagian besar orang seperti ini tempat mereka bekerja adalah tempat belajar yang sebenarnya. Sikap seperti ini yang seharusnya tertanam pada mindset, bukan menganggap bahwa “belajar berakhir setelah lulus.” Proses belajar seharusnya terjadi seumur hidup seseorang. Dan seiring dengan berjalannya waktu seseorang yang menolak untuk belajar akan tertinggal, dan lambat laun tergantikan dengan mereka yang lebih fresh.  Seseorang harus senantiasa haus akan pengetahuan baru. Sehingga mampu berkembang, dan meningkatkan karir yang cemerlang seiring dengan meningkatnya kebutuhan dalam perusahaan. Jika seseorang mampu mengupgrade dirinya, maka karir akan juga semakin menanjak.

Bukan kebetulan bahwa orang-orang sukses berdedikasi pada pembelajaran seumur hidup. Di dunia yang bergerak dengan kecepatan yang semakin cepat, kita membutuhkan keterampilan dan kemampuan untuk berpikir kritis tentang konsep-konsep baru. Karenanya, janganlah berhenti belajar. Jadilah lebih maju, secara konsisten dan bertahap.

Semoga bermanfaat.