Blog

Cara Membersihkan Lantai Granit 

Cara Membersihkan Lantai Granit

1. Bersihkan secara tiap hari
 Untuk mencegah warna lantai granit menjadi kusam dan tampak kotor, Anda harus membersihkan lantai granit setiap hari. Cara membersihkan lantai granit secara harian bisa Anda lakukan seperti layaknya mengepel lantai setiap hari. Bila perlu gunakan alat pembersih lantai granit dan cairan khusus untuk mengepel lantai granit. Namun, apabila Anda tidak memiliki alat dan cairan khusus membersihkan lantai granit, tidak masalah jika Anda menggunakan tongkat pel dan air saja. Pembersihan harian hanya digunakan untuk menjaga lantai tetap bersih dan higienis.
2. Lakukan pembersihan untuk mengkilapkan lantai Keindahan
lantai granit dapat terlihat jelas ketika lantai tersebut tampak mengkilap. Lantas, bagaimana cara mengkilapkan lantai granit yang kusam? Lakukan pembersihan khusus secara mingguan dengan menggunakan air sumur, hindari menggunakan air kran yang mengandung mineral dan klorin. Gunakan juga cairan pengkilap lantai granit untuk membuat lantai Anda jadi lebih mengkilap. Pembersihan secara khusus ini bisa Anda lakukan seminggu sekali untuk menjaga kilau lantai Anda agar selalu terlihat jelas.
3. Gunakan alat yang tidak dapat menggores lantai
Jika biasanya Anda membersihkan noda di lantai keramik dengan segala jenis peralatan yang tersedia, Anda tidak bisa sembarangan lagi menggunakan segala jenis alat untuk membersihkan lantai granit. Hindari alat-alat yang dapat menyebabkan abrasi pada lantai, seperti spons abrasif atau handuk kasar. Gunakan tisu atau kain halus untuk membersihkan lantai granit.
4. Bersihkan noda dengan bahan yang aman Ada beberapa cara membersihkan lantai granit dari noda yang sudah melekat di permukaan lantai tersebut. Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan berikut ini untuk membersihkan noda di lantai granit tanpa memudarkan warna lantai itu sendiri:
           Sabun cair pencuci piring
 Ketika ada noda yang melekat pada lantai granit, Anda dapat segera mengambil ember, air hangat, dan sabun cair pencuci piring untuk membersihkan noda tersebut. Pastikan Anda menggunakan kain pel yang lembut untuk menghilangkan noda di lantai granit. Setelah mengelap lantai dengan kain pel yang direndam dalam larutan air hangat dan sabun cair pencuci piring, bilas kain pel dengan air bersih dan usapkan pada lantai untuk menghilangkan residu sabun. Poles lantai dengan kain mikrofiber yang bersih untuk menghilangkan bercak air yang dapat memudarkan warna lantai.
 
        Baking soda 
 
 
Baking soda dikenal ampuh untuk menghilangkan noda di baju putih, tapi bahan kue yang satu ini ternyata juga dapat diandalkan untuk membersihkan noda di lantai granit. Buat pasta kental dari baking soda dan air. Kemudian, tutupi noda di lantai dengan pasta ini dan diamkan semalaman. Keesokan harinya usapkan kain lap basah untuk membersihkan pasta. Jika noda masih membandel seperti noda cat atau spidol, gunakan aseton atau alkohol untuk membersihkannya.
 5. Poles granit setiap beberapa saat
Satu-satunya cara menghilangkan goresan pada lantai granit adalah dengan memoles lantai tersebut. Anda bisa menemukan jasa memoles granit yang banyak tersebar di kota-kota besar. Poles granit apabila ada goresan atau noda yang sudah tidak bisa dihilangkan sendiri

*Jika Anda mengambil referensi dari artikel ini, mohon kerendahan hatinya untuk mencantumkan link sumber ini: https://bacaterus.com/cara-membersihkan-lantai-granit/