Blog

Integritas Dalam Suatu Perusahaan

image by cytonn-photography/unsplash

 

Oleh: Adhiguna Pradhana

Dalam suatu perusahaan, terdapat berbagai macam individu yang bekerjasama dan bergabung menjadi satu dalam satu naungan.  Setiap individu memiliki motif dan tujuan tersendiri saat bergabung, namun kepentingan-kepentingan tersebut diseleraskan dengan tujuan dari perusahaan tempat mereka berkembang. Suatu perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang mampu mensejahterakan karyawan-karyawannya, sekaligus memperbesar bisnisnya secara menyeluruh. Konsepnya adalah, semakin berkembang suatu perusahaan, maka individu-individu yang tergabung didalamnya akan semakin mampu dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.

Mencapai hal tersebut diperlukan adanya kepercayaan dan kerjasama yang baik,serta sikap saling mendukung antara perusahaan dan individu-individu yang tergabung di dalamnya. Perusahaan mampu memberikan kenyamanan dalam bekerja dan memenuhi kebutuhan pekerjaan dari para karyawannya, dan pihak karyawanpun harus memberikan hasil kinerjanya secara optimal dan sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Untuk itulah diperlukan adanya suatu sikap integritas.

Lantas integritas itu apa? Integritas adalah suatu sikap kejujuran, sebuah komitmen dalam menjalankan kewajiban sesuai dengan kontrak demi pemenuhan hak-hak yang terkait. Integritas ini tidak hanya melibatkan karyawan saja maupun perusahaan saja, namun adalah hubungan timbal balik.

Seorang karyawan yang berintegritas akan bekerja dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan komitmen yang dia janjikan. Mendedikasikan waktu dan pikiran yang telah dibayar sesuai dengan apa yang dicita-citakan demi kemajuan perusahaan. Disisi lain, perusahaan yang berintegritas akan memenuhi kebutuhan dan meningkatkan derajat karyawan-karyawan yang bernaung didalamnya. Ini adalah suatu sikap yang sangat penting ditegakkan.

Hak karyawan yang dipenuhi sesuai komitmen pada perusahaan akan berdampak semakin baik kinerja karyawan, dan kewajiban yang diembankan pada mereka juga mampu berjalan dengan maksimal, bahkan meningkat. Integritas yang tertanam adalah karena rasa kepemilikan dan juga profesionalitas yang dirasa oleh karyawan. Perusahaan yang mampu membuat karyawan merasakan hal tersebut akan menghasilkan karyawan yang jujur, berkompeten dan tidak akan hanya memberikan pekerjaan asal-asalan demi memenuhi target belaka.

Semua ini dapat dicapai melalui kultur korporasi yang tepat yang ditanamkan oleh perusahaan.

Dimulai dari pemilihan individu-individu yang sesuai dan berkompeten di bidangnya, disertai dengan sikap pribadi yang cakap dan bisa dipercaya. Individu terpilih yang telah menjadi karyawan ini akan berkembang bila perusahaan yang mengayomi karyawannya dengan tidak hanya memberikan kebutuhan professional, namun juga memberikan perhatian kepada individu secara personal, serta memberikan teladan nyata akan tindak tanduk, perilaku maupun sikap dalam bekerja. Tentunya, pengawasan yang benar juga perlu dilakukan. Pemberian penghargaan yang sepantasnya pada karyawan yang berprestasi maupun pemberian sanksi pada karyawan yang bermasalah secara adil dan tidak memihak perlu juga diterapkan secara konsisten.

Dengan adanya kultur korporasi yang baik, pemilihan individu yang kompeten serta keadilan yang merata bagi seluruh individu yang bernaung di bawah perusahaan, maka integritas yang diharapkan akan muncul, dan akan meningkatkan kesejahteraan perusahaan, dan juga para karyawannya.