Blog

Jasa Alih Daya: Memanusiakan Manusia

Jasa alih daya (outsourcing service) adalah bisnis tentang manusia. Proses internal mulai dari tim Sales atau Customer Relation yg berinteraksi dengan calon klien, sampai di akhir terkait pengelolaan keuangan oleh tim accounting dan finance. Semua manusia.

Pihak-pihak eksternal seperti calon klien, klien, calon karyawan, karyawan dan lain-lain juga manusia yang harus dikelola dengan bijaksana.

Semua tentang manusia. Pengelola jasa alih daya harus berfokus pada memanusiakan manusia. Mengapa? Manusia yang dimanusiakan akan merasa aman dan nyaman sehingga memunculkan perilaku yang diharapkan.

Memanusiakan manusia harus dimulai dari internal pengelola jasa. Tiap karyawan harus teredukasi bahwa mereka adalah tim yang saling terkait. Tidak ada yang lebih baik dan lebih utama. Semua sama, semua manusia.

Jika kondisi internal telah teredukasi dan tertata, baru beranjak ke pihak eksternal pengelola jasa. Calon klien, klien, calon karyawan, karyawan, aparat pemerintah, semua juga manusia yang harus dimanusiakan. Edukasi pada mereka tentang mitra sejajar berupa pengelola jasa alih daya dan cara interaksi yang tepat sangat krusial.

Hasil akhirnya adalah hubungan timbal balik yang saling menguntungkan, tidak ada yang diberatkan. Pengelolaan manusia yang berjaya harus memanusiakan manusia.

 

Rafik Fajar Yunansyah, S.Psi., M.Si.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *